Terra Drone Terpilih oleh Kementerian Ekonomi, Perdagangan, dan Industri untuk Subsidi dalam Meningkatkan Kolaborasi dengan Global South

GELORA 24

- Redaksi

Kamis, 19 September 2024 - 08:00 WIB

504 views
facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Fokus pada Perluasan Penggunaan Drone dan Pengembangan Operasi UTM di Indonesia

Tokyo, 19 September 2024 – Terra Drone Corporation, perusahaan terkemuka penyedia teknologi drone dan Urban Air Mobility (UAM) yang berbasis di Jepang, telah terpilih untuk “Program Kerja Sama Industri di Global South melalui Transfer Teknologi” (Nama Proyek: Proyek Verifikasi Kelayakan untuk UAS Traffic Management (UTM) di Pasar Indonesia, selanjutnya disebut “proyek ini”). Inisiatif ini merupakan bagian dari anggaran tambahan untuk FY2023 oleh Kementerian Ekonomi, Perdagangan, dan Industri, dengan alokasi hingga 500 juta yen. Terra Drone bertujuan untuk mengembangkan sistem UTM yang akan menjadi infrastruktur penting di udara, dengan mengantisipasi meningkatnya penggunaan drone di seluruh Indonesia.

Di tengah situasi di Ukraina dan meningkatnya kehadiran negara-negara Global South, pemerintah Jepang sedang aktif membahas kebijakan untuk memperkuat kerja sama. Menurut laporan oleh Mitsubishi Research Institute, PDB nominal gabungan negara-negara Global South diperkirakan akan melebihi PDB AS dan China pada tahun 2050 (Gambar 1).

Indonesia, tempat proyek ini akan dilaksanakan, merupakan salah satu negara minyak dan gas terkemuka di dunia. Pasar inspeksi drone menunjukkan potensi yang menjanjikan, terutama di sektor pertanian skala besar seperti perkebunan kelapa sawit dan logistik antar pulau. Pertumbuhan signifikan di pasar drone diantisipasi di seluruh negara-negara ASEAN. Sejak 2017, Terra Drone telah aktif terlibat dalam industri drone di Indonesia, memperkuat posisinya sebagai pemain utama dalam layanan drone lokal.

Baca Juga :  Kemacetan Jaringan Solana dan Bagaimana Dampaknya pada Aktivitas Mining Solana

Selain itu, Terra Drone memiliki keahlian global yang luas dalam sektor UTM, termasuk Unifly, perusahaan UTM terkemuka dengan rekam jejak implementasi tingkat nasional, dan Aloft Technologies, penyedia UTM terkemuka di Amerika Serikat, keduanya adalah perusahaan grup dari Terra Drone.

Dalam mendorong proyek ini, Terra Drone bermaksud memanfaatkan pengetahuan, pengalaman, dan teknologi kolektif dari grup dan perusahaan subsidernya. Sebagai bagian dari upaya ini, Terra Drone akan melakukan demonstrasi di beberapa kota di Indonesia, termasuk Jakarta dan ibu kota baru Nusantara yang akan datang, untuk mencapai implementasi UTM yang praktis yang krusial bagi adopsi drone secara luas di masa depan. Inisiatif ini bertujuan untuk memperkuat hubungan ekonomi dengan negara-negara Global South dan memperkuat ekonomi Indonesia. Kedepannya, Terra Drone berencana mengkomersialkan layanan UTM secara lokal.

Catatan 

1. Global South: Istilah umum yang mencakup negara-negara berkembang di Belahan Bumi Selatan, seperti di Asia, Afrika, dan Amerika Latin.

2. Kantor Perdana Menteri Jepang, Pertemuan untuk mempromosikan kerja sama dengan negara-negara Global South, https://japan.kantei.go.jp/101_kishida/actions/202406/11globalsouth.html

Baca Juga :  Keberhasilan Port Academy dalam Menyelenggarakan Diklat Tenaga Kerja Bongkar Muat Bersama KUPP di Berbagai Wilayah

3. Ibu Kota Nusantara: Kota baru yang sedang dibangun di Pulau Kalimantan Timur, yang direncanakan menggantikan Jakarta sebagai ibu kota.

Tentang Terra Drone Corporation 

Terra Drone adalah perusahaan teknologi drone dan Urban Air Mobility (UAM) perintis yang berbasis di Jepang, dengan misi [Membuka “X” Dimensi], menciptakan masa depan yang sejahtera dengan “menjembatani” berbagai bidang untuk mendorong inovasi dan menemukan solusi. Teknologi miliknya yang dipatenkan dalam drone, sensor, perangkat lunak adalah dasar dari solusi khusus—mulai dari survei dan inspeksi hingga penyemprotan pestisida—yang merevolusi industri utama termasuk minyak dan gas, konstruksi dan teknik, bahan kimia, listrik, dan pertanian di seluruh dunia. Pada Juli 2023, Terra Drone mengakuisisi sebagian besar saham Unifly, penyedia terkemuka sistem Manajemen Lalu Lintas Pesawat Tak Berawak (UTM), dengan rekam jejak yang terbukti dalam mengimplementasikan sistemnya di tingkat nasional di lebih dari delapan negara. Ambisi Terra Drone adalah mengembangkan solusi komprehensif untuk drone dan UAM, dengan tujuan utama membangun infrastruktur digital di langit untuk memaksimalkan potensi mobilitas udara. 

Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi situs web kami: http://www.terra-drone.net

Press Release ini juga tayang di VRITIMES

Berita Terkait

Pendaftaran Impact National Hackathon Diperpanjang Hingga 30 September 2024
The Fed Pangkas Suku Bunga 50 bps, Bitcoin Kembali Menghijau!
Halo Robotics Hadirkan Delivery Drone untuk Atasi Tantangan Pengiriman Sampel di Pertambangan Nikel
Hisense Menyalurkan Monitor 55 inch untuk Mendukung Proses Pembelajaran Lebih Interaktif
The Wujil Resort Ungkap Kerja Sama dengan LindungiHutan dan Perkembangan Mangrove Terkini
Pentingnya Direktur Independen dalam Perusahaan
Eksklusif untuk ZFS NAS! Solusi Disaster Recovery Terbaik.
POLUTREE, Program Baru LindungiHutan untuk Pengurangan Emisi Gas Rumah Kaca

Berita Terkait

Kamis, 19 September 2024 - 19:11 WIB

Pendaftaran Impact National Hackathon Diperpanjang Hingga 30 September 2024

Kamis, 19 September 2024 - 19:00 WIB

The Fed Pangkas Suku Bunga 50 bps, Bitcoin Kembali Menghijau!

Kamis, 19 September 2024 - 15:14 WIB

Halo Robotics Hadirkan Delivery Drone untuk Atasi Tantangan Pengiriman Sampel di Pertambangan Nikel

Kamis, 19 September 2024 - 15:14 WIB

Hisense Menyalurkan Monitor 55 inch untuk Mendukung Proses Pembelajaran Lebih Interaktif

Kamis, 19 September 2024 - 15:00 WIB

The Wujil Resort Ungkap Kerja Sama dengan LindungiHutan dan Perkembangan Mangrove Terkini

Kamis, 19 September 2024 - 14:29 WIB

Eksklusif untuk ZFS NAS! Solusi Disaster Recovery Terbaik.

Kamis, 19 September 2024 - 13:24 WIB

POLUTREE, Program Baru LindungiHutan untuk Pengurangan Emisi Gas Rumah Kaca

Kamis, 19 September 2024 - 12:00 WIB

Harga BTC IDR Diprediksi Menghadapi Volatilitas Tinggi, Matrixport Berikan Peringatan

Berita Terbaru